BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


DIII KEBIDANAN

Program Studi Diploma III Kebidanan  merupakan perkembangan panjang dari Sekolah Bidan ‘Aisyiyah (SBA) yang berdiri pada 5 Mei 1966. Sekolah Bidan Aisyiyah  terus berkembang hingga sekarang dengan mengalami beberapa kali perubahan nama. Pada tahun 1981  Sekolah Bidan Aisyiyah  dikonversi menjadi Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) ‘Aisyiyah Surakarta. Selain menjalankan proses pendidikan sekolah perawat, pada tahun 1989 SPK ‘Aisyiyah juga mengelola Program Pendidikan Bidan (Diploma I Bidan).  Pada tahun 1997 SPK ‘Aisyiyah Surakarta tidak diperkenankan kembali menerima siswa perawat dan siswa bidan Diploma 1, dikarenakan mendapat ijin untuk melakukan konversi menjadi Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Surakarta berdasarkan SK Men.Kes RI No.HK.00.06.1.1.1156.  Akademi Kebidanan Aisyiyah Surakarta (AKBID ‘Aisyiyah) berkembang  menjadi STIKES Aisyiyah Surakarta pada tahun 2005,  berdasarkan surat Keputusan Menteri  Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39/D/O/2005. Sejak tahun 1997 hingga tahun 2017 prodi D III Kebidanan  tercatat telah meluluskan 1900 bidan yang telah tersebar di seluruh Nusantara, bahkan terdapat alumni yang bekerja di luar negeri seperti Singapura, Taiwan dan Jepang.

Pendidikan Bidan  Aisyiyah Surakarta telah membantu pemerintah untuk mencetak tenaga kesehatan  Bidan yang professional dan berakhlakul karimah, untuk mengabdi kepada masyarakat, serta bangsa. STIKES Aisyiyah Surakarta berupaya untuk meluluskan bidan professional yang mampu membantu masyarakat Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, serta membantu memecahkan masalah kesehatan Wanita, Ibu dan Anak yang ada di masyarakat. Bidan Aisyiyah diharapkan mampu menjawab perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kebidanan yang berkualitas, perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, serta persaingan global yang semakin ketat.

Proses pendidikan di prodi D III Kebidanan didukung dengan sarana prasarana yang memadai, serta Dosen berkualitas yang telah memiliki sertifikat pendidik dari pemerintah. Kepemilikan sertifikat pendidik bagi dosen bidan,  merupakan bukti formal pengakuan terhadap dosen kami sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi. Para dosen juga telah memiliki jabatan fungsional lektor dan asisten ahli, serta secara berkala terdapat dosen yang ditugaskan untuk studi lanjut S3.

 

  1. Visi Program Studi Kebidanan

Mewujudkan Program Studi Bidan yang unggul dalam pelayanan kebidanan  dengan mengintegrasikan tibbun nabawi  secara profesional, inovatif, dan berakhlakul kharimah pada tahun 2028

 

  1. Misi Program Studi Kebidanan
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pembelajaran professional, inovatif, islami, yang mampu mengintegrasikan Tibbun Nabawi dalam pelayanan Kebidanan
  2. Mengembangkan penelitian untuk pengembangan keilmuan terapan guna mendukung teori kebidanan
  3. Melakukan pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat bagi pengembangan keilmuan terapan kebidanan
  4. Mengembangkan kerjasama dengan instansi pendidikan, institusi pelayanan kesehatan dan organisasi profesi.

 

  1. Tujuan Program Studi Kebidanan
  1. Menghasilkan tenaga bidan vokasi yang professional, inovatif, islami, yang mampu mengintegrasikan Tibbun Nabawi dalam pelayanan Kebidanan.
  2. Menghasilkan karya penelitian berupa pengetahuan, metode dan teknologi yang mendukung praktek kebidanan dan berguna bagi masyarakat.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pelayanan kebidanan.
  4. Menghasilkan kerjasama kemitraan yang mendukung kegiatan akademik, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


JADWAL AKADEMIK
UTS Semester Ganjil 2017/2018
23 - 28 Oktober 2017

Selengkapnya...


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Servis

Pusat Penelitian & Pengabdian


STATISTIK PENGUNJUNG
IP : 54.158.52.166
Hari ini : 478
Online : 15
Total : 127628

© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com