BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KEMAHASISWAAN

PENGABDIAN MASYARAKAT PENYULUHAN DAERAH RAWAN BENCANA GUNUNG MERAPI


Posted on 15 Apr 2019 | 08:54 by Hafidz

Surakarta – IMP (Ikatan Mahasiswa Prodi) S1 Sarjana Keperawatan mengadakan kegiatan pengabdian masyrakat tentang kebencanaan yaitu Penyuluhan Daerah Rawan Bencana Gunung Merapi. Tema pengabdian masyarakat adalah pesan sehat pra bencana. Kegiatan ini dilakukan untuk mencapai salah satu target proker IMP S1 Sarjana Keperawatan, dengan kegiatan pengabdian masyarakat ini juga merupakan upaya tercapainya visi dan misi tujuan program studi. Pogram S1 Sarjana Keperawatan dengan visi mewujudkan program studi Ners yang unggul dalam bidang keperawatan komunitas yang berakhlakul karimah dan kompetitif ditingkat nasional pada tahun 2028 serta denga salah satu misinya yaitu mengembangkan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

 

            Pengabdian masyarakat terlaksana pada hari Sabtu, 6 April 2019, pukul 13.00-selesai yang bertempat di salah satu rumah warga Dukuh Pentongan RT.03/RW.03, Selo, Boyolali. Pengabdian masyarakat dihadiri 57 orang dengan antusias warga yang patut diapresiasi karena mereka ingin mengetahui serta menambah ilmu mengenai erupsi gunung merapi. Kegiatan ini bekerjasama dengan UKM ADA (Aisyiyah Disaster Action) yang merupakan salah satu organisasi dari Stikes Asiyiyah Surakarta. Dengan adanya ADA maka kegiatan pengabdian ini dapat berjalan sesuai harapan dan mengajarkan kepada warga bagaimana cara mengantisipasi saat terjadinya bencana.

 

 

            Pembukaan pengabdian masyarakat dilakukan oleh Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Anastasia Puri Damayanti, kemudian sambutan oleh Bapak Suyudi selaku Ketua RT Dukuh Pentongan RT.03/RW.03, kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh UKM ADA tentang review gunung merapi tahun 2010, kejadian yang terjadi saat gunung merapi meletus, perasaan yang dirasakan serta pemikiran yang ada pada warga masyarakat sekitar, saat menonton tayangan warga pun mulai kembali ingat pada kejadian tahun silam itu, banyak warga yang kembali bercerita untuk mengingat masa-masa terjadinya bencana sampai memperagakan saat mereka panik, takut, bahkan ada yang bercerita bahwa ia enggan keluar dari tempat tinggalnya. Kemudian disela-sela pemaparan materi ada juga pemberian dorprize yang disiapkan dari panitia untuk warga yang bisa menjawab pertanyaan yang diberikan agar warga bisa kembali fokus dan memperhatikan pembicara. Tim ADA pun kembali memaparkan banyak sekali materi seperti, macam-macam bencana, penyebab terjadiya bencana, dan tindakan yang tepat saat terjadi bencana. Setelah pemberian materi selesai selanjutnya dilakukan foto bersama kemudian dibuka stand cek tekanan darah, antusias warga pun layak di apresiasi bahkan mereka meminta rombongan stikes asiyiyah ini datang kembali dengan membawa sejumlah pemeriksaan lainnya seperti asam urat, gula darah dll. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan warga masyarakat yang diberikan penyuluhan lebih waspada dan siap dalam menghadapi bencana khususnya gunung berapi.


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


KALENDER AKADEMIK

JADWAL AKADEMIK


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Web Service

SIAKAD

E-Prints

Jurnal



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com