BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

Aisyah Solo Beri Contoh Pelatihan Program KB kepada Negara Asing


Posted on 29 Apr 2019 | 11:20 by Hafidz

SOLO - Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kota Surakarta akan menjadi percontohan program pelatihan keluarga berencana (KB) skala nasional di Stikes Aisyah Solo Kamis (25/4). Kegiatan bertajuk Training on Strategic Partnership with Muslim Religious Leader (MRLs) ini Family Planning tersebut dihadiri beberapa tamu dari sembilan negara asing.

Ketua Pimpinan Daerah Aisyah Solo, Siti Maesaroh, mengatakan kegiatan ini merupakan pelatihan KB tingkat Internasional. Kegiatan ini dilakukan setelah adanya penunjukan dari BKKBN Pusat yang menjadikan Stikes Aisyah Solo sebagai tujuan studi lapangan. Dalam pelatihan tersebut juga akan dihadiri tamu luar negeri dari Bangladesh, Filipina, Mali, Mesir, Nepal, Nigeria, Pakistan, Sri Langka, dan Sudan.

“Mungkin di luar negeri mereka ada program KB tapi tidak berjalan. Lalu mereka ingin melihat bagaimana program KB di Indonesia. Nah, BKKBN Pusat menunjuk Solo sebagai pusat studi dan menunjuk Stikes Aisyah Solo untuk tujuan studi lapangan,” bebernya kepada Espos Rabu (24/4).

 

 

Siti juga menjelasan pelatihan tersebut juga akan dihadiri perwakilan Sekretariat Negara, BKKBN Pusat, BKKBN Provinsi dan perwakilan tujuh cabang Yayasan Aisyah di Solo. Dalam pelatihan tersebut, sebanayak 40 orang dari yayasan Aisyah akan diedukasi program-program KB yang nantinya akan ditularkan kepada warga.

“Jadi kami tidak mengundang warga umum. Kami mengundang perwakilan dan pimpinan dari Yayasan Aisyah di Solo untuk diberikan pelatihan tentang KB. Mereka nanti akan bertugas untuk menyalurkan ilmu tersebut kepada masyarakat. Nantinya tamu dari luar negeri tersebut menyaksikan bagaimana metode yang kami lakukan ketika memberikan pelatihan,” imbuh dia.

Wakil Ketua Bidang 1 Stikes Aisyah Solo, Siti Fatmawati mengatakan dari sisi akademis pihaknya akan menunjukan kepada tamu undangan proses kuliah mata kuliah KB. Nantinya, dalam program tersebut akan menggunakan sistem pembelajaran aktif yang melibatkan semua pihak menggunakan sarana gim.

 

 

“Nanti ada kelas program D3 Kebidanan Stikes Aisyah Solo. Memang disesuaikan jamnya dan benar-benar terjadi proses kuliah. Nanti menggunakan game sebagai sarana pembelajaran. Contohnya seperti puzle alat kontrasepsi. Walaupun tamu dari luar tapi kami menggunakan bahasa Indonesia karena nanti ada penerjemah dari masing-masing negara,” tuturnya.

Dalam proses kuliah yang ditunjukan kepada tamu negara luar, Stikes Aisyah juga mempersilahkan apabila tamu memiliki pertanyaan dan ingin ikut proses edukasi menggunakan gim tersebut.

“Kalau ada pertanyaan dan ikut berpartisipasi, tentu kami terbuka dan mempersilahkan tamu dari negara luar untuk ikut,” kata dia. 


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


JADWAL AKADEMIK


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Web Service

SIAKAD

E-Prints

Jurnal



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com