BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

KULIAH PAKAR SARJANA KEPERAWATAN BASIC LIFE SUPPORT DALAM PELAYANAN KEBENCANAAN


Posted on 07 Aug 2019 | 09:31 by Hafidz

STIKES ‘Aisyiyah Surakarta merupakan institusi pendidikan yang memiliki visi menjadi Perguruan Tinggi ‘Aisyiyah yang unggul dalam bidang kesehatan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlakul karimah dan kompetitif di tingkat nasional tahun 2028”. Terkait dengan visi tersebut maka salah satu prodi yang ada di STIKES ‘Aisyiyah Surakarta yaitu Prodi Sarjana Keperawatan yang memiliki visi mewujudkan Program Studi Ners yang unggul dalam bidang manajemen bencana untuk menghasilkan sumber daya manusia professional, berakhlakul karimah dan kompetitif di tingkat nasional pada tahun 2028. Untuk menindaklanjuti visi prodi Sarjana Keperawatan pada tiap semester prodi Sarjana Keperawatan selau melaksanakan update keilmuan terkait dengan Disaster Management. Salah satunya adalah dengan melaksanakan Kuliah pakar terkait dengan disaster management dengan tema Basic Life Support Dalam Pelayanan Kebencanaan”yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 3 Agustus 2019

.

 

Kuliah pakar ini dihadiri oleh semua dosen dari prodi Sarjana Keperawatan  dan seluruh mahasiswa prodi Sarjana Keperawatan dari semester 2,4 dan 6 sebanyak kurang lebih 450 mahasiswa. Pembicara pada kuliah pakar ini adalah bapak Widodo MN. Beliau merupakan Pakar Disaster Management dengan banyak sekali pengalaman dalam bidang kebencanaan.

 

Pemilihan tema ini dilatar belakangi oleh kejadian bencana di Indonesia. Bencana merupakan suatu kejadian yang tidak diinginkan dan selalu menddatangkan kerugian baik materi maupun imateri bagi yang terkena. Bencana ini adalah suatu hal yang tidak bias dihindari, akan tetapi bias diantisipasi dampak dan kerugiannya. Sehingga sangat penting bagi mahasiswa untuk mengetahui apa yang harus dilakukan pertama kali  ketika melihat kejadian bencana didekatnya terutama untuk menyelamatkan korban bencana yang belum meninggal dunia. Mahasiswa dapat melakukan dasar penyelamatan pada saat terjadi bencana dengan tepat, cepat dan efisien

 

 

Kegiatan kuliah pakar dimulai dengan pembukaan oleh Ketua program studi Sarjana keperawatan Ibu Anjar Nurrohmah, M.Kep. Kemudian dilanjutkan dengan kuliah pakar dengan narasumber yang di moderatori oleh Ibu Tri Susilowati, M.Kep. Bapak Widodo Mn menyebutkan bahwa umtuk menurunkan resiko atau hal-hal yang tidak diharapkan saat menangani bencana seorang penyelamat harus memahami tiga hal yaitu mengetahui apa resiko yang berbahaya saat penyelamatan, menghindari atau menghilangkan factor resiko, dan persiapkan dengan baik apa yang dibutuhkan saat penyelamatan.

 

Sebagai penutup dari kegiatan kuliah pakar ini dilakukan serah terima penghargaan berupa sertifikat kuliah pakar kepada narasumber bapak Widodo, MN. Sertifikat diserahkan  oleh Sekretaris Program Studi Sarjana Keperawatan Ibu Eska Dwi Prajayanti, M.Kep.

 

 


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


KALENDER AKADEMIK

JADWAL AKADEMIK


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Web Service

SIAKAD

E-Prints

Jurnal



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com