BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

PENGENALAN KEHIDUPAN KAMPUS MAHASISWA BARU (PKKMB) STIKES AISYIYAH SURAKARTA


Posted on 19 Sep 2019 | 13:56 by Hafidz

STIKES Aisyiyah Surakarta: Mahasiswa baru tahun akademik 2019-2020 mengikuti kegiatan pembukaan PKKMB di Aiditorium Siti Baroroh Baried kampus 1 STIKES Aisyiyah Surakarta, Senin 16 September 2019 pagi jam 07.30 WIB. PKKMB adalah kegiatan yang dicanangkan oleh Bagian Kemahasiswaan STIKES Aisyiyah untuk menyambut mahasiswa baru setiap tahunnya. Tujuan dari kegiatan PKKMB adalah agar mahasiswa baru lebih mengenal, bangga dan mencintai kampus sebagai tempat mereka berkembang, menuntut ilmu selama berkuliah di STIKES Aisyiyah Surakarta.

STIKES Aisyiyah menyelenggarakan PKKMB yang diikuti mahasiswa dari mahasiswa 5 program studi. Yaitu dari program studi (Prodi) D III Kebidanan, Prodi Sarjana Kebidanan, Prodi D III Keperawatan, Prodi Sarjana Keperawatan, dan Prodi D IV Fisioterapi. Dari kelima program studi tersebut, prodi Sarjana Kebidanan merupakan prodi terbaru yang dibuka oleh STIKES. Berdasarkan SK dari Kemenristek Dikti Nomor 1038/KPT/I/2018 tentang izin pembukaan Program Studi Kebidanan Program Sarjana, maka tahun akademik 2019-2020 STIKES telah menerima mahasiswa baru untuk prodi Sarjana Kebidanan. Meskipun baru tahun pertama dibuka, namun antusias dari masyarakat bagus.  Untuk menjaga kualitas proses pembelajaran, maka tahun pertama prodi Sarjana Kebidanan hanya menerima mahasiswa baru dengan kuota satu kelas reguler dari input SMA. Tahun kedua direncanakan akan membuka satu kelas reguler dan satu kelas program khusus dari lulusan D III Kebidanan.

 

 

Kegiatan PKKMB dibuka langsung oleh Ketua STIKES, dalam sambutannya Ibu Ketua Riyani Wulandari berharap kegiatan PKKMB dapat menjadi bekal bagi mahasiswa baru 2019 agar mengenal kampus tempat mereka menuntut ilmu, serta mampu beradaptasi di lingkungan kampus. Tema yang diangkat dalam PKKMB tahun ini adalah “Sinergi Generasi Industri 4.0 dalam Menyongsong Indonesia Maju”. Berharap mahasiswa mampu berpacu kecepatan dengan kemajuan era revolusi Industri 4.0, sehingga mahasiswa dapat menjadi generasi yang unggul dalam teknologi kesehatan, namun memiliki karakter Islami sesuai Visi STIKES Aisyiyah Surakarta. Ibu Riyani berpesan agar tetap semangat menjalani kegiatan ini, karena melalui kegiatan ini lah akan menumbuhkan rasa cinta terhadap almamater kampus dan menumbuhkan ukhuwah persaudaraan Islam diantara civitas akademika.

 

 

Rangkaian Kegiatan PKKMB 2019 berlangsung lima hari  mulai tanggal 16 – 17 September 2019, dilanjutkan dengan Masa Ta’aruf (Masta) tanggal 18 September, dilanjutkan dengan pengkaderan 19-20 September 2019. Selama 2 hari PKKMB tersebut mahasiswa baru STIKES mengikuti berbagai kegiatan yang harus diikuti. Materi PKKMB meliputi tentang pengenalan kehidupan kampus baik akademik maupun non akademik disertai materi wawasan ke­bangsaan, kesadaran be­la negara, pence­gahan, penanggulangan dan penyalahguna­an narkoba serta meredam radikalisme dengan metode yang te­pat. Pemberian materi tentang akademik diberikan oleh pihak kampus, sedangkan pemberian non akademik seperti materi Bela Negara dan Cinta Tanah air disampaikan oleh anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI), dan materi Anti Radikalisme, Anti Narkoba, dan Anti Korupsi disampaikan dari anggota Kepolisisan. Diberikan pula wawasan tentang keprofesian yaitu dengan mengundang dari organisasi terkait untuk memberikan wawasan dunia profesi yang akan digeluti. Pemateri organisasi profesi disampaikan oleh Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) cabang Surakarta, ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) DPD Surakarta, ketua Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) cabang Surakarta. Mahasiswa baru juga mendapatkan wawasan peluang kerja tenaga kesehatan yang disampaikan oleh Kabid Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta.  Di hadirkan pula para alumni dari setiap program studi untuk memberikan wawasan tentang pengalaman memasuki dunia kerja dan peran organisasi alumni (IKALUM) dalam mendukung proses pembejaran baik dalam bentuk dukungan akademik dan non akademik. Salah satu dukungan non akademik ikalum adalah tersedianya fasilitas beasiswa bagi mahasiswa dari dana IKALUM.

 

 

 


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


KALENDER AKADEMIK

JADWAL AKADEMIK


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Web Service

SIAKAD

E-Prints

Jurnal



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com