BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

KULIAH UMUM PAKAR KEPERAWATAN BERSAMA Prof. Dr. Budi Anna Keliat, S.Kp., M.App.Sc.


Posted on 24 Apr 2018 | 11:20 by Hafidz

     Sebanyak 300 mahasiswa keperawatan STIKES ‘Aisyiyah Surakarta yang terdiri dari program didik (prodi) SI ilmu keperawatan dan DIII Keperawatan memenuhi Aula Siti Rufaidah Kampus 1 STIKES ‘Aisyiyah Surakarta Jum’at (20/4).

     Kuliah umum pakar keperawatan ini diadakan bertujuan untuk mewujudkan pembentukan karakter sebagai seorang perawat yang professional di dunia kerja, terang Ketua STIKES ‘Aisyiyah Surakarta Riyani Wulandari, S.Kep., M. Kep.  saat membuka acara tersebut. Mengusung tema “Komunikasi terapeutik wujudkan karakter profesional perawat” sebagai topik pembahasan. Prof. Dr. Budi Anna Keliat, S.Kp., M.App.Sc.  yang dipercaya sebagai pembicara menyampaikan bahwa perawat sebagai tenaga kesehatan memegang peranan yang penting dalam pemberian asuhan pada klien. Meskipun demikian belum banyak masyarakat mengetahui bahwa perawat merupakan profesi yang satu lini dengan profesi kesehatan lainnya.

      Komunikasi terapeutik merupakan tindakan komunikasi yang bertujuan untuk proses terapi. Komunikasi terapeutik diperlukan untuk mendapatkan data pengkajian yang valid serta juga dibutuhkan dalam melakukan implemntasi dan evaluasi permasalah klien. Semakin baik seorang perawat mempraktekan komunikasi terapeutik maka semakin kepuasan klien akan pemberian asuhan keperawatn meningkat, terang Prof. Budi sapaan akrab beliau.

      Dasar dari komunikasi terapeutik perawat terdiri dari tiga tahapan yaitu orientasi, kerja dan terminasi. Pada tahap orientasi perawat memperkenalkan diri dan melakuan evalluasi masalah serta validasi kemampuan klien. Tahap orientasi juga perawat mendapatkan informed concent dari klien. Tahap kerja perawat menggunakan dasar keilmuan perawat. Sebagai contoh untuk penatalaksanaan klien dengan hipertermi perawat memiliki 5 langkah awal sebelum melakukan kolaborasi dengan dokter, hal tersebut meliputi memberikan pakaian tipis, selimut tipis, sirkulasi udara baik, anjurkan minum banyak dan kompres. Semua tidakan ini dilakukan dengan dasar ilmu keperawatan. Tahap evaluasi dilakukan dengan melakukan evaluasi pada klien dan menentukan rencana tindak lanjut. Pada tahap terminasi ini juga perawat memberikan resep kepada klien. Resep yang diberikan oleh perawat adalah resep tindakan mandiri yang dapat dilakukan oleh perawat, tandas salah satu Guru Besar Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Universitas Indonesia (UI) tersebut.

     Setelah mendapatakan penjelasan yang mendalam dari Prof. Budi seluruh peserta kuliah pakar melakukan roleplay komunikasi terepeutik secara berpasangan. Dengan mempraktekan langsung ilmu yang telah didapat, mahasiswa mampu melakukan komunikasi terepeutik dengan urutan yang sesuai. Peserta mengatakan lebih mantap dan percaya diri dalam melakukan asuhan keperawatan dengan cara komunikasi terapeutik. (Gati/Hafidz)


PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


JADWAL AKADEMIK
UTS Semester Ganjil 2017/2018
23 - 28 Oktober 2017

Selengkapnya...


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Servis

Pusat Penelitian & Pengabdian


STATISTIK PENGUNJUNG
IP : 54.162.184.214
Hari ini : 286
Online : 3
Total : 69582

© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com