BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

Mahasiswa Asrama Stikes ‘Aisyiyah Surakarta Mengabdi


Posted on 06 Dec 2018 | 10:18 by Hafidz

Surakarta - Hipertensi merupakan salah satu faktor penting pemicu penyakit tidak menular seperti penyakit jantung dan stroke yang menjadi penyakit mematikan peringkat pertama di dunia. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa 17,7% kematian disebabkan oleh stroke dan 10% kematian disebabkan oleh ischemic heart disease, dimana penyakit-penyakit tersebut salah satu pemicunya adalah hipertiensi (pusdatin kemenkes RI : 2018). Berdasarkan hal tersebut sehingga dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Asrama Mahasiswa STIKES ‘Aisyiyah Surakarta guna menjalankan fungsi promotif dan preventif penyakit-penyakit tersebut.

 

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu tujuan dari Asrama Mahasiswa Stikes Aisyiyah Surakarta. Setiap bulan secara rutin pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan dengan mengundang masyarakat sekitar asrama yang terletak di RW 12 Ngasinan, Kentingan, Jebres, Kota Surakarta.

 

 

            Pada hari Ahad, tanggal 02 Desember 2018 bertempat di halaman Asrama Mahasiswa Stikes Aisyiyah Surakarta dilaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan tema “Hipertensi”serta mengangkat judul “Hidup Sehat dan Bahagia Tanpa Hipertensi”. Materi penyuluhan disampaikan langsung oleh pakar hipertensi sekaligus sebagai Kepala Pusat Penelitian Stikes Aisyiyah Surakarta yaitu Ibu Wahyuni, S.SiT, M.Kes, MM. Dihadiri oleh Ibu Rina Sri Widayati, SKM, M.Kes selaku Kepala Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Stikes Aisyiyah Surakarta, Ipa Sari Kardi, S.Or, M.Or selaku Kepala Asrama Mahasiswa Stikes Aisyiyah Surakarta dan seluruh mahasiswa asrama Stikes Aisyiyah Surakarta. 

 

          

 

Pelaksanaan pengabdian masyarakat dihadiri oleh 70 orang RW 12. Pengabdian kepada masyarakat diawali dengan pemeriksaan kesehatan meliputi pengukuran tekanan darah, pengukuran berat badan dan pengukuran tinggi badan, selanjutnya senam massal dan diakhiri dengan penyampaian materi penyuluhan kesehatan tentang hipertesi. Masyarakat begitu antusias mengikuti serangkaian kegiatan tersebut.  Hasil pemeriksaan kesehehatan diperoleh rata-rata usia 56,47 tahun dengan usia tertinggi 81 tahun dan usia terendah 20 tahun. Rata-rata berat badan 59,54 kg dengan berat badan tertinggi 97 kg dan berat badan terendah 36 kg. Rata-rata tinggi badan 152,10 cm dengan tinggi badan tertingi 167 cm dan tinggi badan terendah 127 cm dan rata-rata tekanan darah 133/83 dengan tekanan darah tertinggi 160/100 dan tekanan darah terendah 90/60.(Ipa Sari K/Hafidz A.N.)

           


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


JADWAL AKADEMIK


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Servis

Pusat Penelitian & Pengabdian



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com