BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

STIKES AISYIYAH SURAKARTA MENDIRIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN PROFESI BIDAN


Posted on 11 Dec 2018 | 07:41 by Hafidz

Surakarta – Kunjungan dan evaluasi lapangan terkait pembukaan program studi baru Pendidikan Profesi Bidan di STIKES Aisyiyah Surakarta telah dilakukan pada hari Senin (5/10) kemarin. Dalam mengelola pendidikan bidan STIKES ‘Aisyiyah Surakarta telah mempunyai pengalaman panjang. Tercatat berawal dari Sekolah Bidan ‘Aisyiyah (SBA) pada tahun 1966, Program Pendidikan Bidan (PPB Diploma I) pada tahun 1989, Akademi Kebidanan sejak 1997 hingga berkembang menjadi STIKES ‘Aisyiyah Surakarta sekarang ini.

 

 

Selalu berupaya menjawab perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kebidanan yang berkualitas, perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, serta persaingan global yang semakin ketat. Diharapkan dengan pendidikan bidan setingkat sarjana dan profesi, STIKES Aisyiyah Surakarta mampu menghasilkan bidan professional yang memiliki kemampuan dalam ketrampilan klinis, dengan didukung kemampuan berfikir kritis, analisis dan kemampuan mengadvokasi dan memberdayakan masyarakat guna mencari solusi dan inovasi untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak. selalu berupaya menjawab perkembangan tuntutan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kebidanan yang berkualitas, perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu cepat, serta persaingan global yang semakin ketat. Diharapkan dengan pendidikan bidan setingkat sarjana dan profesi, STIKES Aisyiyah Surakarta mampu menghasilkan bidan professional yang memiliki kemampuan dalam ketrampilan klinis, dengan didukung kemampuan berfikir kritis, analisis dan kemampuan mengadvokasi dan memberdayakan masyarakat guna mencari solusi dan inovasi untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak.

 

Evaluasi lapangan kesiapan pembukaan prodi Pendidikan Profesi Bidan dilakukan oleh Direktorat Jenderal Kelembagaan, Ilmu Pengetahuan Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Antara lain yaitu Soetrisno dari LAMPTKes, Emi Suryani dari IBI, perwakilan dari LN2Dikti Wilayah VI Jawa Tengah oleh Siti Nurul Jannah selaku Kasubag Kelembagaan, Evi Rinata sebagai Evaluator dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Abdul Rosyid staf Dir. Pengembangan Kelembagaan PT Program Vokasi 1. Dan Gita Ardyani Staf LAMPTKes.

 

 

Dibukanya program studi Pendidikan Profesi Bidan ini merupakan upaya membantu pemerintah dalam dalam mencetak bidan professional, yang mampu membantu mewujudkan masyarakat sehat, serta memecahkan masalah kesehatan Wanita, Ibu dan Anak yang ada di masyarakat. Pendidikan Profesi Bidan di STIKES Aisyiyah mempunyai unggulan Asuhan Ibu dan Anak berbasis budaya Islami, hal tersebut menjawab kondisi Negara Indonesia yang kaya akan budaya. Keragaman budaya atau “cultural diversity” adalah potensi besar yang ada di bumi Indonesia. Keragaman budaya di Indonesia adalah sesuatu potensi yang dapat dikembangkan untuk membangun masyarakat sehat. STIKES Aisyiyah bertujuan menghasilkan bidan yang professional serta tanggap budaya yang ada di masyarakat. Bidan Aisyiyah diharapkan mampu merangkul dan menghargai budaya setempat dengan menginternalisasi  nilai-nilai keislaman, dan menjadikan budaya yang sehat untuk peningkatan kesehatan ibu dan anak, serta membangun kesehatan di masyarakat.

 

STIKES Aisyiyah  Surakarta sendiri telah mendapatkan rekomendasi pendirian Program Studi Kebidanan Jenjang Sarjana (S-1) dan Pendidikan Profesi Bidan dari LL Dikti dan dari Pimpinan Pusat IBI, disetujuinya ajuan ke RISTEKDIKTI, hingga dilaksanakannya evaluasi lapangan.

 

 

Pembukaan prodi profesi bidan telah dibekali dengan akreditasi B pada Prodi Kebidanan (D-3) dan akreditasi institusi B dari BAN PT.  Didukung dengan adanya sumber daya manusia dosen yang semuanya telah berpendidikan minimal S2 dan beberapa dosen yang sedang melanjutkan study S3. Seabanyak 12 dosen telah memiliki sertifikat pendidik professional, 8 diantaranya memiliki jabatan fungsional Lektor dan selebihnya Asisten Ahli, serta didukung oleh 2 dokter spesialis yaitu spesialis anak dan spesialis obsgin.

 

Selain SDM yang kompeten di bidangnya, Prodi Pendidikan Profesi Bidan juga didukung pula oleh sarana dan prasarana yang lengkap yang telah terintegrasi dengan system online. Sarana dan prasarana penunjang antara lain,  ruang kelas yang ber-AC, ruang tutorial, perpustakaan, ruang Internet, Wifi Area, 16 ruang laboratorium dalam mini hospital, mini market kampus, asrama mahasiswa, program mahad untuk mendukung keislaman, layanan bimbingan konseling, layanan kesehatan gratis untuk mahasiswa, apotik, serta layanan beasiswa. Kesemua layanan tersebut diharapkan dapat mendukung proses belajar mengajar yang berkualitas untuk mencetak bidan professional. 


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


JADWAL AKADEMIK


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Servis

Pusat Penelitian & Pengabdian



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com