BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

Mahasiswa Asrama Peduli Penderita Gout Arthritis (Asam Urat)


Posted on 19 Dec 2018 | 10:31 by Hafidz

Gout arthritis atau yang pada umumnya disebut sebagai penyakit asam urat adalah jenis arthritis terbanyak ketiga setelah osteoartritis dan kelompok rematik luar sendi yaitu berupa gangguan pada komponen penunjang sendi, peradangan, penggunaan berlebihan (Nainggolan, 2009). Peningkatan kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia) merupakan faktor utama terjadinya gout arthritis (Roddy dan Doherty, 2010). Gangguan metabolisme yang mendasarkan gout arthritis adalah hiperurisemia yang didefinisikan sebagai peninggian kadar urat lebih dari 7,0 ml/dL untuk pria dan 5,7 ml/dL untuk wanita (Rho YH, Zhu Y, Choi HK, 2011). Senada yang dikemukakan Nursilmi (2013:1) bahwa Dasar gangguan metabolik gout adalah peningkatan kadar asam urat dalam darah (hiperurisemia) yang disebabkan oleh peningkatan produksi, penurunan pengeluaran asam urat melalui ginjal, atau kombinasi keduanya. Berdasarkan data Riskesdas (2013) prevalensi untuk penyakit sendi di Indonesia berdasarkan diagnosis tenaga kesehatan yaitu sebesar 11,9% dan berdasarkan gejala sebesar 24,7%.  Pada dasarnya asam urat merupakan produk akhir utama metabolisme purin yang merupakan bentuk turunan nukleoprotein baik berasal dari bahan makanan (eksogen) maupun dari hasil pemecahan purin asam nukleat dalam tubuh (endogen). Widyanto (2014:145) mengemukakan bahwa “Penyakit ini mengganggu kualitas hidup penderitanya”. Meski demikian hasil penelitian Anis Komariah (2015) menyimpulkan bahwa “Senam ergonomis berpengaruh terhadap penurunan kadar asam urat pada lansia”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa dengan berolahraga secara rutin dan menerapkan gaya hidup sehat dapat meminimalisir terjadinya gout atrhritis.

 

 

Berdasarkan apa yang terjadi dimasyarakat, sehingga mahasiswa asrama STIKES ‘Aisyiyah Surakarta pada kegiatan pengabdian masyarakat pada hari Ahad, 16 Desember  2018 mengangkat judul “Senam Sehat-Sehati Menanggulangi Gout Arthritis”. Pada dasarnya setiap olahraga memberikan efek fisiologis dan psikologis yang sama, namun, dengan melihat lingkungan sekitar Asrama Mahasiswa (RW 12 Jebres) masyarakat cenderung menyukai senam yang dilakukan secara bersama-sama. Oleh karena itu setiap pekan diberikan jenis senam yang bervariasi, sehingga terus menarik masyarakat untuk aktif berolahraga khususnya senam.

Pelaksanaan pengabdian masyarakat diawali dengan pemeriksaan kesehatan meliputi; pemeriksaan kadar asam urat dan tekanan darah. Dilanjutkan senam bersama-sama yang dipimpin oleh mahasiswa asrama yang setiap pekannya bergantian sebagai instruktur, hal tersebut menjadikan mahasiswa asrama memiliki keterampilan dalam hal menghafalkan gerak-gerakan senam, memiliki kepercayaan diri, tanggung jawab dan jiwa kepemimpinan.

Berdasarkan hasil yang diperoleh pada pelaksanaan pengabdian masyarakat tanggal 16 Desember 2018 rata-rata kadar asam urat 5,2 ml/dL, dengan kadar asam urat tertinggi 6,2 ml/dL dan kadar asam urat terendah 3,7 ml/dL. Dari hasil pemeriksaan yang diperoleh dapat disimpulkan jika masyarakat RW 12 Jebres yang rutin mengikuti senam memiliki kadar asam urat yang normal. (Ipa Sari K)


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


JADWAL AKADEMIK


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Web Service

SIAKAD

E-Prints

Jurnal



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com