BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

PERSIAPKAN MENTAL MENGHADAPI UAS MELALUI SENAM YOGA


Posted on 26 Dec 2018 | 09:23 by Hafidz

Proses pendidikan dan pengajaran akan selalu mengacu pada program yang terencana dan tujuan instruksional yang konkrit. Salah satu program tersebut dengan mengadakan berbagai macam tes atau ujian.  Salah satunya yaitu Ujian Akhir Semester (UAS) yang sudah sangat familiar ditelinga khususnya mahasiswa. Fungsi utama ujian adalah mengukur prestasi belajar mahasiswa dan bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkah laku, baik potensial maupun aktual dan kecakapan baru yang dicapai oleh mahasiswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Tetapi sering kali mahasiswa menganggap ujian sebagai momok sehingga timbul kecemasan ketika harus menghadapi ujian khususnya Ujian Akhir Semester (UAS). Kecemasan sebelum menghadapi ujian dialami oleh  mahasiswa dari berbagai tingkat prestasi akademik dan kemampuan intelektual. Bagi  mahasiswa kecemasan bahkan stres muncul salah satunya karena tekanan untuk berprestasi dari orang tua, dosen (PA), lingkungan dan juga tuntutan diri sendiri. Tekanan yang dialami juga menyebabkan rasa  malu pada diri mahasiswa jika tidak berhasil memenuhinya, dalam hal ini lulus dengan nilai yang memuaskan. Dampak stres apabila tidak segera  ditangani dapat dibedakan dalam tiga  kategori yaitu (1) Dampak fisiologik dimana  secara umum orang yang mengalami stres, mengalami sejumlah gangguan fisik seperti otot tegang, rasa bosan, pusing dan tekanan darah naik. (2) Dampak psikologik seperti keletihan emosi ini merupakan tanda pertama dan punya peran sentral bagi terjadinya burn-out dan menurunnya rasa ingin sukses. (3) Dampak perilaku contohnya seperti manakala stres menjadi distress, prestasi belajar menurun, level stres yang cukup tinggi berdampak negatif pada kemampuan mengingat informasi, mengambil keputusan dan mengambil langkah tepat. Stres yang berat seringkali banyak  membolos atau tidak aktif mengikuti kegiatan pembelajaran.

 

 

Berdasarkan pada hal tersebut Mahasiswa Asrama STIKES ‘Aisyiyah Surakarta melakukan persiapan mental dalam mengahadapi UAS semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 yang akan dilaksanakan Senin, 24 Desember 2018.  Mahasiswa terdiri atas Prodi S1 Keperawatan, DIV Fisioterapi dan DIII Kebidanan. Penerapan senam yoga dilakukan karena berbagai penelitian mengungkapkan bahwa senam yoga berpengaruh terhadap penurunan tingkat stres. Pada dasarnya senam yoga adalah suatau usaha atau cara untuk menyatukan kekuatan jiwa dan raga serta alam sebagai sarana penyembuhan berbagai penyakit jasmani ataupun rohani melalui gerakan anggota gerak tubuh yang luwes. Latihan yoga meningkatkan kerja dari sistem tubuh, yaitu sistem saraf dan seluruh sistem tubuh. Hal tersebut berpengaruh diaspek psikologis dan aspek spiritual.

 

 

Diharapkan dengan diterapkannya latihan yoga memberi dampak positif kepada Mahasiswa Asrama STIKES ‘Aisyiyah Surakarta, sehingga mampu untuk meminimalisir terjadinya kecemasan yang tinggi atau stres. Serta menjadi bekal untuk mahasiswa dalam manage emosinya (psikologis). (Ipa Sari K)

 


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


JADWAL AKADEMIK


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Web Service

SIAKAD

E-Prints

Jurnal



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com