BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

PELATIHAN KEGAWATDARURATAN


Posted on 20 Feb 2019 | 09:44 by Hafidz

Pergeseran trend dalam bidang kesehatan yang semula bersifat kuratif menjadi preventif dan promotif adalah merupakan tantangan tersendiri bagi calon tenaga kesehatan. Adanya perubahan paradigma ini harus diantisipasi dengan sebaik-baiknya oleh tenaga kesehatan, di mana tenaga kesehatan harus mempunyai pengetahuan dan skill yang unggul untuk menghadapi dan  mempersiapkan diri dengan perubahan paradigm tersebut.

 

Pelatihan BTCLS adalah pelatihan penanggulangan penderita dengan kondisi kegawat daruratan yang berorientasi pada pertolongan penderita prehospital maupun intrahospital. Fokus penanganan ini adalah tindakan life saving, ditujukan terutama untuk perawat yang bekerja di Ambulance services. Kemampuan dalam penanganan kegawat daruratan merupakan salah satu program unggulan di STIKES ‘Aisyiyah Surakarta, maka Program Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners STIKES ‘Aisyiyah mengadakan kegiatan  Pelatihan Basic Trauma Cardiac and Live Support (BTCLS) bagi mahasiswa program profesi ners untuk menghasilkan perawat yang unggul dan professional.

 

 

Kegiatan pelatihan BTCLS ini diadakan dengan tujuan memberikan bekal kemampuan kognitif, efektif maupun psikomotor skill kegawatdaruratan bagi calon tenaga kesehatan, khususnya ners dari STIKES ‘Aisyiyah Surakarta. Dengan harapan ketika mahasiswa telah menyelesaikan Program Pendidikan Profesi Ners, mereka telah memiliki skill dasar dalam penanggulangan kegawatdaruratan, sehingga mampu menangani kasus kasus dengan kegawatdaduratan medis. Dan mampu mempercepat respone time kegawatdaruratan untuk menghindari kematian dan kecacatan yang seharusnya tidak perlu terjadi

 

 

Kegiatan Pelatihan BTCLS ini dilaksanakan selama 4 hari yaitu mulai dari Kamis, tanggal 14 Februari s.d hari Ahad tanggal 17 Februari 2019. Kegiatan diselenggarakan di kampus I STIKES ‘Aisyiyah untuk pelaksnaan hari pertma dan Kedua, serta di kampus II STIKES ‘Aisyiyah Surakarta untuk hari ketiga dan keempat. Kegiatan ini diikuti oleh 71 orang peserta dan bekerja sama dengan Jakarta Emergency Medical Service 119.

 

Hari pertama sampai dengan keempat kegiatan pelatihan berjalan dengan lancar. Semua peserta mengikuti kegiatan dengan antusias hingga selesai kegiatan. Setelah dilaksanakan ujian one by one examination, semua peserta dinyatakan lulus 100% mengikuti pelatihan dengan hasil memuaskan. Hari keempat ditutup dengan acara pengumuman dan pemberian kenang-kenangan peserta terbaik pelatihan dari EMS 119 dan penutupan oleh ketua STIKES ‘Aisyiyah Surakarta. Adapun peserta terbaik dalam pelatihan ini adalah: Terbaik pertama Aulia Sidiq Kurniawan, AMd.Kep., Terbaik kedua Nur ‘Aini Lathifah AMd.Kep dan Terbaik 3  adalah Maulina Rahmawati Hanifah, S.Kep.

 


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


JADWAL AKADEMIK


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Web Service

SIAKAD

E-Prints

Jurnal



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com