BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

Kuliah Pakar Mnagement Disaster Dalam Kebencanaan


Posted on 27 Feb 2019 | 10:34 by Hafidz

STIKES ‘Aisyiyah Surakarta merupakan institusi pendidikan yang memiliki visi menjadi Perguruan Tinggi ‘Aisyiyah yang unggul dalam bidang kesehatan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berakhlakul karimah dan kompetitif di tingkat nasional tahun 2028. Terkait dengan visi tersebut maka salah satu prodi yang ada di STIKES ‘Aisyiyah Surakarta yaitu Prodi Sarjana Keperawatan yang memiliki visi mewujudkan Program Studi Ners yang unggul dalam bidang manajemen bencana untuk menghasilkan sumber daya manusia professional, berakhlakul karimah dan kompetitif di tingkat nasional pada tahun 2028. Untuk menindaklanjuti visi prodi Sarjana Keperawatan pada tiap semester prodi Sarjana Keperawatan selau melaksanakan update keilmuan terkait dengan Disaster Management. Salah satunya adalah dengan melaksanakan Kuliah pakar terkait dengan disaster management dengan tema Optimalisasi First Responder dalam penyelamatan Penyintas yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 23 Februari 2019

.

 

Kuliah pakar ini dihadiri oleh semua dosen dari prodi Sarjana Keperawatan  dan seluruh mahasiswa prodi Sarjana Keperawatan dari semester 2,4 dan 6 sebanyak kurang lebih 450 mahasiswa. Menghadirkan Addi Marni Harnanto, M.Nurs sebagai pembicara pada kuliah pakar ini, beliau merupakan Pakar Disaster Management dengan banyak sekali pengalaman dalam bidang kebencanaan. Salah satunya adalah beliau merupakan Pembina lembaga masyarakat awam khusus kesiagaan bencana kota Surakarta.

 

 

Pemilihan tema ini dilatar belakangi oleh kejadian bencana di Indonesia. Bencana merupakan suatu kejadian yang tidak diinginkan dan selalu menddatangkan kerugian baik materi maupun imateri bagi yang terkena. Bencana ini adalah suatu hal yang tidak bias dihindari, akan tetapi bias diantisipasi dampak dan kerugiannya. Sehingga sangat penting bagi mahasiswa untuk mengetahui apa yang harus dilakukan ketika melihat kejadian bencana didekatnya terutama untuk menyelamatkan korban bencana yang belum meninggal dunia. Mengoptimalisasi penyelamatan agar tidak banyak korban pada bencana tersebut.

Kegiatan kuliah pakar dimulai dengan pembukaan oleh Ketua program studi Sarjana keperawatan Anjar Nurrohmah, M.Kep. Kemudian dilanjutkan dengan kuliah pakar dengan narasumber. Addi Mardi Harnanto, M.Nurs menyebutkan bahwa keberanian dan keyakinan seorang perawat dalam melakukan penyelamatan korban bencana dan kemampuan pengetahuan yang mumpuni menentukan optimalisasi dalam proses penyelamatan. Perlu dilakukan simulasi-simulasi penyelamatan pada pembelajaran lab skill mahasiswa agar mahasiswa selalu terpapar proses-proses pertama penyelamatan saat terjadi bencana.

 

 

Sebagai penutup dari kegiatan kuliah pakar ini dilakukan serah terima penghargaan berupa sertifikat kuliah pakar kepada narasumber Addi Mardi Harnanto, M.Nurs. Sertifikat diserahkan langsung oleh Ketua Program Studi Sarjana Keperawatan Anjar Nurrohmah, M.Kep.


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


KALENDER AKADEMIK

JADWAL AKADEMIK


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Web Service

SIAKAD

E-Prints

Jurnal



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com