BERITA KAMPUS

BERITA KEMAHASISWAAN


BERITA KAMPUS

PELATIHAN BTCLS PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI NERS


Posted on 26 Jan 2018 | 08:35 by Hafidz

PELATIHAN BTCLS PROGRAM PENDIDIKAN PROFESI  NERS TAHUN 2018

          Surakarta- Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) merupakan pelatihan yang berorientasi pada pertolongan penderita prehospital maupun intrahospital. Fokus penanganan ini adalah tindakan life saving, ditujukan terutama untuk perawat yang bekerja di Ambulance Service. Dengan tujuan memberikan bekal kemampuan kognitif, efektif maupun psikomotor skill kegawatdaruratan bagi calon tenaga kesehatan, khususnya ners baru dari STIKES ‘Aisyiyah Surakarta. Dengan harapan ketika mahasiswa telah menyelesaikan Program Pendidikan Profesi Ners, mereka telah memiliki skill dasar dalam penanggulangan kegawatdaruratan, sehingga mampu menangani kasus-kasus dengan kegawatdaduratan medis juga mampu mempercepat respone time kegawatdaruratan untuk menghindari kematian dan kecacatan yang seharusnya tidak perlu terjadi

          Bekerjasama dengan Jakarta Emergency Medical Service 119 STIKES ‘Aisyiyah Surakarta mengadakan kegiatan pelatihan BTCLS yang diikuti oleh mahasiswa Profesi Ners STIKES ‘Aisyiyah Surakarta dan dari kalangan umum yang juga merupakan pelaku tenaga kesehatan.  Kegiatan yang dijadwalkan selama 4 hari, dimulai dari Kamis (18/01) dan berakhir pada Minggu (21/01) diadakan di kampus I dan kampus II STIKES ‘Aisyiyah Surakarta .

          Pada hari pertama kegiatan dibuka dengan sambutan dari ketua STIKES ‘Aisyiyah Surakarta Riyani Wulandari, S.Kep., Ns., M.Kep  dan dilanjutkan pemasangan ID Card kepada peserta secara simbolis. kemudian pengarahan yang diberikan oleh pelatih dari JMS 199 dan preterest adalah materi awal pada hari pertama. Setelah itu pada hari yang ke dua dilanjutkan dengan materi tentang kegawat daruratan. Semua peserta terlihat mencermati dengan penuh perhatian satu demi satu materi yang disampaikan oleh pelatih. Materi praktek pada hari yang ke tiga atara lain pengenalan alat emergency, teknik membalud bidai, initial  assesment dan masih banyak lagi membuat seluruh peserta tambah bersemangat dalam kegiatan ini. Dan puncaknya pada hari yang keempat, pada hari yang merupakan akhir kegiatan ini  peserta melakukan ujian one by one examination. Selain ujian tertulis dalam post test, setiap peserta juga wajib melalui enam skill station yang meliputi alat emergency, balut bidai, Initial assessment, EKG dan RJP. Pada  station intubasi para peserta juga wajib melakukan praktek intubasi secra langsung yang disimulasikan dengan media hewan kambing. Setelah melewati ujian praktek dan tertulis seluruh peserta diajak untuk melakukan roleplay  simulasi evakuasi pada kecelakaan massal.

          Seluruh proses kegiatan berjalan dengan lancar tanpa ada halangan hingga sampai pada saat penutupan. Dan terakhir kegiatan ditutup langsung oleh ketua STIKES ‘Aisyiyah Surakarta dan juga pemberiaan penghargaan pada peserta terbaik. (Hafidz/IT)


SERTIFIKAT AKREDITASI

PENGUMUNAN

DOWNLOAD

AGENDA

 Nov 2017 
02

PPGD Prodi DIII Keperawatan
2 - 5 November 2017

 Nov 2017 
01

Sumpah Profesi Ners Angkatan Ke VII
1 November 2017

Selengkapnya...


JADWAL AKADEMIK
UTS Semester Ganjil 2017/2018
23 - 28 Oktober 2017

Selengkapnya...


Kontak Info

Alamat: JL. Ki Hajar Dewantara No. 10 Kentingan Jebres Surakarta

Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah INDONESIA

Jam Operasional : 07.00 - 14.00 WIB

No HP/WA : 0858-0331-2535

No. Telp : (0271) 631141

Facebook : stikes.aiska.official

Instagram : stikes.aiska.official

Youtube : www.youtube.com/stikes-aisyiyah

Email : info@stikes-aisyiyah.ac.id

Informasi

Kota Surakarta

PDM Kota Surakarta

Kopertis Wilayah VI Jawa Tengah

Pangkalan Data Pendidikan Tinggi

Simlitabmas

Servis

Pusat Penelitian & Pengabdian



© Copyright - STIKES 'AISYIYAH SURAKARTA - 2017
Created By sumijanmuhi@gmail.com